Resep Cara Membuat Kue Donat Kentang Empuk Sederhana

Resep cara membuat kue Donat kentang empuk. Siapa sih yang belum tahu yang namanya kue Donat? yup semua orang pasti sudah tahu dengan kue ini. Kue yang empuk, manis dan tentunya sangat sederhana, hampir sama seperti Rainbow Cake. Selain itu, cara membuat Donat itu sangat mudah dan saya yakin anda-anda yang dirumah pasti bisa membuatnya. Bahan untuk membuat kue donat juga tidak sulit untuk didapatkan, bahkan di toko-toko terdekat dari rumah anda mungkin tersedia, jadi tidak perlu jauh-jauh kepasar.

Cara Membuat Kue Donat Kentang Empuk
Cara membuat kue Donat kentang empuk ini bisa langsung anda coba dirumah. Tapi sebelum anda mencobanya, silahkan siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue donat jenis ini. Nah kenapa saya bilang kue donat jenis ini? karena memang kue donat banyak jenisnya. Ada kue donat kentang, kue donat ubi, kue donat singkong dan mungkin masih ada jenis lainnya. Namun yang paling top, paling sederhana dan paling populer adalah kue donat kentang.

Berikut ini bahan-bahan untuk membuat kue Donat Kentang :
  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 50 gram susu bubuk fullcream
  • 1 bungkus atau 11 gram ragi instant
  • 250 gram kentang di kukus, haluskan lalu di dinginkan
  • 100 gram gula halus
  • 100 gram mentega
  • Setengah sdt garam
  • 4 butir kuning telur
  • 100 ml air dingin
Pelengkap:
  • Gula donat (gula bubuk khusus untuk donat)
  • cokelat leleh

Cara Membuat Kue Donat Kentang Empuk :

  1. Campurkan bahan-bahan yang sudah disiapkan tadi yaitu tepung terigu, gula, susu bubuk, dan ragi instant dalam satu wadah lalu di aduk hingga merata
  2. Masukkan kentang yang sudah dihaluskan tadi dengan bahan-bahan yang sudah di campurkan dan diratakan dalam 1 wadah
  3. Masukkan kuning telur yang sudah di siapkan dengan air dingin, uleni hingga merata dan setengah kalis.
  4. Tambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Diamkan selama 20 menit.
  5. Buatlah adonan menjadi 12 buah donat yang dibentuk bulat-bulat dan diberi lubang pada tengah nya lalu diamkan adonan selama 20 menit, tunggu sampai adonan terlihat mengembang
  6. Masukkan minyak lalu panaskan (masukan minyak sekiranya bisa membuat donat terendam) Goreng donat yang sudah dilubangi tadi dengan api sedang sampai kuning keemasan.
  7. Jika Sudah kekuning-kuningan Angkat, kemudian tiriskan.
  8. Taburkan gula donat, atau hias dengan coklat sebagai pemanis.
untuk 12 potong.

Okedeh itu saja resep dan cara membuat kue Donat Kentang yang empuk dan sederhana. Silahkan di coba dan jangan sampai salah langkah-langkahnya.

Resep Cara Membuat Kue Donat Kentang Empuk Sederhana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bambang Ghozali

18 comments:

  1. mantap nie, jadi pengen mencoba..?
    tapi tdk bisa masak??
    ikut nyimak saja lah gan,,,,
    salam kenal

    ReplyDelete
  2. Hmmm ... kayaknya enak tuh..

    ReplyDelete
  3. Singgah di blog juragan ... Salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  4. Makasih banyak ya mas resep kuenya

    ReplyDelete
  5. thanks ya resepnya kapan2 gua cba deh ,

    ReplyDelete
  6. Anonymous14 May, 2013

    yumyyyyyy

    ReplyDelete
  7. banyak juga ya bahannya, tapi sepertinya pembuatannya tidak terlalu sulit.

    ReplyDelete
  8. Anonymous26 May, 2013

    Ada yg sudah coba resepnya??? Gimana hasilnya?

    ReplyDelete
  9. Thanks mas udah share resep dan cara membuat kuenya

    ReplyDelete
  10. Anonymous22 June, 2013

    Thanks ya udah share.. Sukses selalu buat anda :)

    ReplyDelete
  11. thanks gan, maw buat donat skg juga

    ReplyDelete
  12. Wah jadi deg degan ... tapi lagi sakit gigi gan...

    ReplyDelete
  13. donat,.. kue sederhana nan lezat,kami sekeluarga sangat menyukainya

    ReplyDelete
  14. Yes berhasil! makasih informasinya :)

    ReplyDelete
  15. Horee besuk libur sekolah, aku mau coba bikin DONUT KENTANG

    ReplyDelete
  16. kue sederhana nan lezat,kami sekeluarga sangat suka

    ReplyDelete
  17. donat merupakan kue sederhana yang enak

    ReplyDelete